Contoh Proposal Sponsorship Esport – Dalam beberapa tahun terakhir ini, Esport menjadi permainan khusus semakin banyak diminati serta mendapat banyak perhatian dengan masuknya beragam serial game serta nuansa baru.
Bentuk game Esport yang sebelumnya terbatas satu, dua hingga tiga tipe yaitu FPS, Strategy dan Arcade atau Fighting kini semakin berkembang dengan datangnya jenis game baru.
Bahkan dari segi komponen game Esport yang semula hanya terbatas menggunakan PC hingga Console pun sekarang telah hadir di Mobile. Dengan berkembangnya Esport, seiring mulai munculnya tim-tim Esport yang baru hadir untuk menunjukan kehadirannya.
Tetapi, hal sulit sering dihadapi oleh tim Esport baru yaitu mencari sponsor untuk menunjang operasional serta nafas dalam kelangsungan tim Esport. Berikut ini contoh proposal Sponsorship Esport di bawah ini.
Contoh Proposal Sponsorship Esport
1. Contoh Struktur Pengurus Proposal Esport
Sepantasnya suatu perusahaan terorganisir dengan baik, Esport juga harus mempunyai struktur pengurus yang tertulis dan jelas. Tidak adanya struktur yang jelas, pasti hal ini menandakan ketidak keseriusan dari Esport dalam pengelolaan sebuah tim.
Tidak akan ada calon Sponsor yang mau meneruskan jika tim Esport dari awalnya tidak memiliki pengurus struktur jelas.
2. Contoh Target Proposal Esport
Dalam Esport pastinya wajib mempunyai VISI dan MISI tujuannya agar bisa menjelaskan serta pandangan Esport.
Tujuan apa yang akan di capai dari Esport dalam sebulan, setahun, 5 tahun hingga ke depannya nanti?
Kenapa Esport harus ada? Perubahan apa yang akan dilakukan? Apakah Menguasai Dunia?
Dengan Esport melampirkan sebuah target ingin di capai tentu bisa terlihat dari sebuah keseriusan dalam pengelolaan Esport.
Dari Calon Sponsorship pastinya akan senang jika melihat target dari sebuah Esport Optimis dan Realistis.
3. Contoh Proposal Nama Esport
Semacam banyak gamers temui, tim esport profesional baik nasional maupun internasional pasti memiliki nama tim bermakna, tidak asal.
Agar menarik perhatian calon sponsor, definisi kan nama tim esport kalian dengan makna serius dan alasan nama itu dipakai. Hal tersebut menjadikan lambang berkesan bagi tim esport kalian sendiri.
Dengan pilihan nama tepat akan mem-branding tim Esport kalian menjadi makin mudah terbentuk dan lebih mudah dikenal publik.
Membentuk brand baik merupakan faktor penentu harus dijaga tim Esport.
Nama dan branding ialah salah satu aset bagi tim Esport, karena calon sponsor juga akan mempertimbangkan dari segi ini.
4. Contoh Tujuan Proposal Esport
Saat terbentuknya gamers Esport, jangan cepat-cepat untuk mengajukan atau menawarkan diri ke calon Sponsorship. Kumpulkan terlebih dahulu penghargaan atau prestasi telah diraih dan sebanyak mungkin dalam Esport.
Penghargaan sebuah kemenangan Esport merupakan bukti hasil kerja keras tidak bisa dibantah dan faktor tersebut sangat penting untuk menjadi kekuatan tawar menawar dari Esport.
Untuk mengajukan diri ke sponsor, tidak ada batas minimal penghargaan yang dimiliki. Tetapi, jika memiliki banyak prestasi tentunya sangat baik dan memperbesar peluang diterima oleh pihak sponsor.
5. Contoh Attitude Proposal Esport
Bisa di bilang tim Esport gamers sudah terkenal di publik dan mempunyai sejumlah prestasi ada dimana-mana.
Namun, attitude yang dimiliki oleh salah satu satu atau tiga dari lima player atau anggota Esport sangat toxic sampai sudah menjadi rahasia umum dan mempunyai beberapa masalah entah itu drama atau kasus lainnya.
Hal tersebut akan menjadi perhatian cukup serius bagi calon Sponsorship untuk bisa menerima dan mendukung Esport gamers.
Tidak jarang masalah dari Sponsorship yang sudah memberikan Sponsor dari Esport sudah berlangsung kontrak satu hingga dua tahun lalu mencabut di tengah jalan sebab ada salah satu atau tiga anggota Esport memiliki masalah.
Attitude negatif pastinya sedikit banyak akan membuahi dampak tidak baik kepada satu dan dua pihak serta kepada fans dari Esport tersebut.
Pastikan Esport mempunyai disiplin serta sikap baik tujuannya untuk membangun sebuah integritas yang kuat.
6. Contoh Proposal Manager Esport
Pastikan Esport mempunyai satu atau dua orang penanggung jawab pada bagian business buat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.
Walaupun atlit fokus bermain game serta memfokuskan orang bisnis untuk mencari cara bagaimana cara mengoptimalkan dari profil, prestasi serta aktivitas tim kepada calon Sponsorship.
Hal ini juga di pertimbangkan oleh calon sponsor adalah bagaimana cara kalian menghubungi mereka. Kontak calon sponsor sesuai dengan ketentuan, seperti mengajukan proposal, dll. Jika kebetulan kalian mendapatkan informasi seperti nomor telepon, jangan asal langsung menghubungi nomor tersebut.
Mulai dengan perkenalan diri via SMS atau Whatsapp, atau biasanya via email sebelum menghubungi via telepon.
Jika sudah mengirim proposal, jangan lupa untuk selalu follow up kepada setiap calon sponsor/partnership. Karena proses interaksi juga menjadi point penting keberhasilan.
Jam saat membalas email juga perlu diperhatikan, usahakan membalas email pada jam kerja. Jangan melakukannya di jam 6 malam untuk menghargai privasi dan profesionalitas.
Kalian juga bisa mengikuti setiap event untuk mengetahui potensi sponsor mana saja yang bisa diajak bekerja sama.
7. Contoh Memanfaatkan MediaProposal Sponsorship
Amati tim Esport idola kalian sebagai referensi dalam membuat Esport sendiri. Usahakan dikembangkan menjadi lebih baik.
Mencari tahu aktifitas dilakukan oleh Esport kalian. Seperti media sosial digunakan untuk interaksi bersama penggemar, kompetisi telah di ikuti, konten dibuat, dll dari cara mereka branding timnya.
Hal tersebut membantu kalian agar tidak kehabisan cara dalam langkah awal membangun tim Esport.
Download Contoh Proposal Sponshorship eSports
Akhir Kata
Sekian pembahasan mengenai contoh proposal Sponsorship Esport, semoga informasi diatas dapat membantu kalian mengerti lebih dalam tentang contoh proposal Sponsorship yang telah Ulingame bagikan.